Click If You Want To Know

Friday 28 September 2012

We Are I-NN-O-C-E-N-T INNOCENT! #SeniorYear

   Dan nggak kerasa, setahun berlalu. Dan tiba-tiba kita udah pindah aja di kelas bawah dan jadi murid paling tua di SMASA.
   Yup, inilah tahun kedua Innocent, sekaligus tahun terakhir kami berada di masa paling menyenangkan, masa SMA.
   Pas awal kelas XII, kita makin gokil, makin kompak. Bahkan, jauh-jauh hari kita udah siap panitia Nubir di kelas. Well, ketuanya si Romi, yang notabene mantan Ketua Panitia Nuansa Biru yang diadakan oleh OSIS. Dari awal, kita udah persiapkan tema Nubir kelas.
   Tapi sebelum itu, kita mau seneng-seneng dulu sebelum mikirin yang namanya Ujian, apalagi Perpisahan.
   Ya, waktu satu semester 5 kami manfaatkan dengan baik untuk menikmati bulan-bulan terakhir di SMA. Tapi, anak-anak sudah banyak yang mulai daftar di bimbel-bimbel buat tambahan belajar. Toh, segala organisasi maupun ekskul juga sudah nggak kami pegang lagi, jadi kami punya waktu lebih banyak untuk fokus belajar plus main-main, hehe.
   Dan pas awal masuk kelas, kami sempat heboh karena guru-guru kami kali ini bisa dibilang... emmm, agak gimana gitu yah. Kita seneng banget pas tahu Bu Tutik mengajar PKn lagi tahun ini. Terus juga agak ngeri pas tahu Pak Hamim jadi guru Fisika kami, dan yang paling heboh lagi, pas tahu Bu Tri jadi guru math PLUS wali kelas kami. Btw, kami sering dengar kalau Bu Tri itu gurunya killer. Disiplin banget kalau di kelas. Pokoknya harus dengerin dan mencatat kalau Bu Tri menerangkan. Nggak boleh telat juga, sedikiiiit aja. Bahkan sempat ada desas-desus kalau nggak boleh ijin keluar kelas, meskipun hanya ke kamar mandi.
   Dan bener, pas Bu Tri pertama kali masuk, anak-anak pada diam, nggak bersuara. Dan akhirnya, segala rupa peraturan untuk pelajaran Matematika keluar. Mulai dari harus mencatat, harus mendengarkan, kuis setelah dan sebelum pelajaran, tata cara penilaian, tata cara tugas, dan lain sebagainya. Tapi ternyata, Bu Tri juga nggak se-killer yang dibayangkan, sampai nggak boleh ijin buat ke kamar mandi segala. Well, itu cuman kabar angin doang, hehe. Tapi awalnya kita tetep takut banget, secara pas pertemuan pertama langsung dikasih kuis 3 soal materi kelas X dan kelas XI dan kebanyakan dari kami nggak bisa jawab dengan benar. Alhasil, selama beberapa pertemuan kami diberi materi kelas X dan XI yang berkaitan dengan soal yang diberikan. Padahal kelas lain udah pada mulai materi kelas XII. And she always said, "Tenang saja, pasti ada waktunya kita bisa mengejar mereka. Bahkan, kadang kita mendahului mereka. Ya, kalau nggak cukup waktunya nanti pasti ada tambahan jam kok. Kalau nggak ya ngambil waktu dari PIB.
   Well, sementara beberapa kelas lain sudah membahas integral jauh, kita masih belum menyentuh integral sama sekali. Tapi, jujur, sekalinya diterangin sama Bu Tri, rasanya langsung clear, jelas. Materi yang dulu rasanya ngerti nggak ngerti jadi jelas banget.
   Dan lama-lama akhirnya kita semua tahu kalau sebenarnya Bu Tri itu baiiiiiiik banget. Guru sekaligus motivator terhebat yang pernah saya temui. Beliau selalu memotivasi murid-muridnya setiap pelajaran berlangsung, bahkan selalu bercerita tentang alumni-alumni SMASA yang sekarang sudah sukses. Motivating banget deh pokoknya. Beliau juga care banget sama anak-anaknya. Keibuan banget. Tapi memang sih tegasnya kebangetan. Pernah juga beliau mengundang teman-temannya (yang juga alumni SMASA karena beliau alumni SMASA) untuk sharing dengan kami anak kelas XII yang akan menghadapi ujian. Rasanya semangat banget, apalagi pas waktu itu ada yang lulusan Astronomi ITB dan sekarang kerja di LAPAN. Subhanallah! Rasanya pengen teriak! Saya pengen banget ke sana. Tapi karena nggak dibolehin, ya nggak diambil.
   Dan Innocent mendapat wali kelas terbaik yang ada di SMASA #lebay. But, trust me, it works #apaaan??
   
   Terus ada lagi guru-guru unik yang masuk. Ada Pak Hamim yang suka banget sama anak cewek di kelas, dan yang jadi sasaran di kelas adalah Ocha, Naya, Danes. Terus ada Pak Anton, guru Kimia yang nggak jelas banget ngajarnya, tapi pinter banget sama teknologi. Terus ada Bu Tutik yang selalu asik ngajarnya. Ada juga Bu Anita, guru Bahasa Indonesia yang jadi sasaran curcolnya anak-anak Innocent. Terus Bu Santi, guru Kimia Terapan yang agak judes katanya anak-anak, haha. Dan masih banyak lagi.

   Di kelas XII ini kita bener-bener sibuk sama urusan tugas, sekolah, dan... konseling. Iya, BK tiap hari selalu penuh sama anak-anak satu angkatan yang mau konsultasi PTN. Anak Innocent rata-rata pada langganan ke BK, termasuk saya.
   Uniknya, Innocent rata-rata udah punya impian masing-masing. Banyak banget yang mau jadi dokter, ada yang ngebet di ITB, ITS, yang udah mantep di IPB (saya). Tapi ada juga yang masih galau, kayak Kilmi sama Desak. Tiap minggu rasanya berubah terus pilihannya. Dari yang FK, jadi apaaa lagi. Terus FK lagi, ntar ganti lagi. Galau deh pokoknya. Tapi juga masih banyak yang nggak ngerti mau kemana. Well, bolos ke BK buat konsultasi memang pilihan kebanyakan anak-anak Innocent. Tapi, kantin tetep jadi tempat bolos nomer satu dong, hehe.
   
   Pelajaran paling memorable menurut saya adalah Kimia Terapan. Paling asik karena tiap minggu kita masak-masak. Tapi laporannya juga bikin sebel dan harus dikumpulin tiap minggu. Masak-masaknya kebanyakan dilakukan di sekolah. Kita buat dari yang namanya Yoghurt, Sabun, Hand Sanitizer, Es krim, permen susu, susu kedele, tahu, dan masih banyak lagi.

   Dan momen yang paling mengesankan itu pas kita udah masuk semester dua. Selain sibuk try out, kita juga sibuk banget foto buat buku kenangan plus video bumper buat Nubir. Serba sibuk, jadwal serba padat, mana belum buat belajar dan lain sebagainya.
   Salah satu momen yang mengesankan itu pas syuting untuk Bumper Nubir. Hari itu adalah hari Minggu pertama Bulan Maret. Kami sekelas memetuskan syuting di dua tempat: Universitas Jember dan Pujasera. Overall, syuting berjalan (lumayan) lancar, meski kita capeknya gak ketulungan. Secara kita harus lari-lari keliling Unej. Yang paling kasihan itu yang dapet scene awal: Romi, Ocha, Danes, dan Qey. Mereka harus lari dari double way depan, muterin rektorat, sampe balik lagi ke double way. Iya kalo larinya itu langsung selesai, nah namanya juga syuting. Pasti ada adegan yang dikembaliin lagi, diulang lagi. Capeknya berasa banget pasti. Mana siangnya jam 10 kita harus buru-buru ke warnet buat ulangan online agama. Parah bener deh pokoknya hari itu, hehe. Terus, kita balik lagi ke Unej buat nyelesein syuting sampe sore. Belum yang di Pujasera. Konyol banget deh pokoknya.
   Btw, hari itu adalah hari Minggu dan Pujasera yang jelas rame banget waktu itu. Dan kita di luar pujasera sekelas, persiapan buat syuting, panas-panas, lari-lari , belum diliatin orang-orang di jalan, di Pujasera sendir. Bahkan, gara-gara di Krida teriak-teriak, kita sampe diliatin orang se-Pujasera, dikira orang gila. Paraaaahh!! Malu banget, tapi jujur, kalo diinget pasti ketawa-ketawa sendiri. LOL, pengalaman tak terlupakan. :')
   Syuting berakhir di rumah Icha Khonsa' hampir maghrib dengan tubuh basah kuyup gara-gara siram-siraman. Mana besok seninnya kita udah Ujian Praktek. Subhanallah. Saya inget banget, setelah maghrib saya dan kelompok Kimter saya langsung kerja kelompok buat persiapan presentasi untuk Uprak. Makin paraaaah! Capek, tepar, lesoh, campur jadi satu pake banget! -,-
 
   Belum yang pas kita ada pemotretan buat buku tahunan. Udah capek nungguin, eh kehujanan. Berangkat pagi, pulang malam. Haha, berasa artis aja kita sibuk banget sama acara syuting dan pemotretan. :D

   Setelah kejadian syuting bumper itu, kita bener-bener fokusin untuk UAN. Setelah UAN selesai, kita langsung fokus untuk penampilan di Nubir. Biasalah, anak-anak kalo udah latihan pada ada yang ngaret, ada yang dateng, nggak dateng. Tapi overall, semua berjalan dengan lancar. Alhamdulilah. :)
   Bener! Pas Nubir, kita lumayan keren penampilannya. Konsep Egyptian dengan ending Shuffle Dance itu keren banget! :D Btw, saya masih ingat sedikit-sedikit gerakan shufflenya. Lol.

   And, this was my saddest moment. Tiba-tiba muncul di pikiran saya: Loh, kok udah Nubir, sih? Kok kita udah di Nubirin? Well, rasanya waktu terlalu cepat berganti. Rasanya seperti baru kemarin saya ikut MOS, baru kemarin saya merasakan satu sekolah sama Troy, baru kemarin saya jadi bagian dari SMASA, masuk di TERORISmasa, bergabung di MPK-PADSARA, ketemu temen-temen supercool, jadi bagian dari Innocent. Dan sekarang saya sudah jadi alumni. Saya bukanlah lagi anak yang akan menceriakan sekolah yang terkenal merit ini. Bukan hanya saya, tapi juga ANGKATAN SAYA.

   Pas malem nubir, pengumuman SNMPTN Undangan muncul. Banyak teman saya yang diterima di pilihannya masing-masing, termasuk saya sendiri. Tapi, juga banyak anak yang saya duga akan lolos malah harus berjuang sekali lagi bersaing dengan ratusan ribu anak di SNMPTN Tulis. Well, Allah always has His own stories. Dan, seketika saya menyadari bahwa akhirnya saya dan sekitar 200an anak di angkatan saya harus menapaki satu tingkat kehidupan yang lebih tinggi, dimana kedewasaan menjadi modalnya.
   Nggak terasa kita akhirnya udah jadi Mahasiswa, yang kata rektor saya Siswa yang Besar. Artinya Siswa yang telah menapaki kedewasaan. Dan sungguh berat saya harus melepas cerita SMA saya, hiks. #lebay

   Tapi yang pasti, dari awal terbentuknya Innocent sampe akhir hayatnya, saya merasa bersyukur bisa berada di kelas ini dan bertemu dengan orang-orang supercool, superalay, superlebay, superheboh, superduper awesome! Bayangin aja, hanya Innocent yang selalu berhasil jadi kelas 'THE BEST' entah The Best Supporter, The Best Stand, meski nggak pernah menang lomba antar kelas #ups #umbaaib. .___.v
 
   Dan, pas nulis ini, jujur saya tertawa sendirian nginget-nginget semua itu. Banyak hal yang nggak bisa saya persembahkan satu persatu di sini karena memang terlalu BUANYAK.

   Terima kasih, Innocent, telah memberikan momen-momen keren superduper indah dan segala pujian lainnya selama dua tahun ini. And I'll miss you. A lot. And I wish we can meet in the future, when we already get our dreams, when we already get our success. Good luck for all of us. 
   Yang jadi dokter, jadi dokter yang baik ya dan jangan lupa kasih diskon spesial buat temen kelasnya, lol.
   Yang jadi perawat, bidan, dan segala yang di bidang kesehatan, semoga sukses menjalani profesinya masing-masing.
   Yang jadi pejabat, jangan suka main uang rakyat, ya. Inget teman-teman lama, jangan sombong kalo kerjaannya nongol di TV mulu.
   Yang jadi artis, jangan tiba-tiba lupa ya sama temen lama. At least, kalo mau konser atau ngadain pertunjukan, ngirimin tiket gratis gitu. :p
   Yang lain-lain yang nggak bisa saya sebutin satu-satu, untuk semuanya aja deh, SEMOGA SUKSES!


And our story will never end. I Promise you all.


4 comments:

Rus said...
This comment has been removed by the author.
Rus said...
This comment has been removed by the author.
Rus said...
This comment has been removed by the author.
NightFury said...

Miss that moment and i wish this story unforgetable for us (innocent)

Kapan2 kumpul2 ya kawan!! :-)