Click If You Want To Know

Saturday 18 October 2014

Liebster Award (Versi Telat)


   Jadi ceritanya nggak ngeh pas Ines sama Onil tiba-tiba nyuruh buat ngecek blog mereka. Kirain ada tugas negara apa, ternyata yang beginian, haha. Ada sih sejenis begini di Instagram and I've just done that couple days ago and it's quiet fun! And I think this time is much more fun! Soalnya saya suka banget kalo disuruh nulis dan cerita. Since I was tagged by OnilSanti, and Ines, and I (finally) have quiet a lot of time, I'll do my challenge to answers 11 (times 3 people means 33) questions. Udah kayak artis lagi di-interview aja ya, lol.


   Okay, now I follow the rules. Rules-nya copas aja deh ya:
·  Membuat postingan tentang Liebster Award ini di blog kalian
·  Ngucapin terima kasih dan ngasih backlink kepada blogger yang udah ngasih kita award ini
·  Nulis 11 hal tentang diri kita 
·  Menjawab 11 pertanyaan dari blogger yang ngasih award ke kita
·  Memilih 11 blogger lain untuk menjawab 11 pertanyaan yang kita berikan

   I'd say MERCI BEAUCOUP to OnilSanti, and Ines who has asked me to do this. I feel so honoured, really (ceritanya sambil lambai tangan ala Miss Universe). Don't forget to visit page their yaa :)

   Okay, now 11 things about myself. Here we go:
1.     I'm kind of melancholics people. Sudah teruji di IPB dan ITB, jadi terjamin mutunya, lol.
2.     I love reading, writing, travelling, and listening to musics. Udah kayak makanan sehari-hari, kecuali yang travelling. Belum ada pasangan yang bisa diajak travelling sih *eeeaaaak *yuk lanjut aja~
3.     Kalo kata Juna kemarin sih saya termasuk orang yang kalo lagi bingung apa itu malah nggak minta bantuan orang lain, tapi dikerjain semuanya sendirian dari A to Z. Yesss, I'm an introvert. But, if I have someone who can comfort me a lot, I'll turn into talkative person. Tapi satu, saya orangnya itu nahan ngeluh. Bagi saya, ngeluh itu akar dimana semua masalah jadi nggak bisa terselesaikan, padahal sebenernya sih bisa kalo kita atur mindset bahwa SEMUANYA SELESAI! Kalo udah ngerasa terbebani atau stress atau capek atau sakit atau apalah yang mengundang ngeluh, saya lebih baik diem aja dan mencoba untuk menghadapi. Kalo orang malah dengerin keluhan kita kan rasanya nggak enak juga. Ya, saya benci banget kalo ada teman yang dikit-dikit ngeluh ini susah, ini nggak bisa, dan lain sebagainya padahal belum dicoba atau dilakukan.
4.     Sering banget otak bufferingnya lama bangeeet! Belum upgrade iOS terbaru siih~
5.     Bukan cewek yang suka dandan. Sukanya pake kaos, kemeja, celana, sekarang mulai (belajar) pakai rok sih. Make up cuman pelembab, bedak sama lipbalm. Pernah ditegur tante gara-gara umur segini masih belum punya lipstick, lol.
6.     Shopaholic in book stores. Coba diajak ke toko baju, pasti nggak sampe 15 menit udah keluar lagi. It's not my place, lol. Coba kalo ke gramed, pasti bawa kantung plastik deh :v
7.     Agribusiness IPB student batch 49
8.     Sukanya makan di kamar sambil nonton Running Man atau drama atau anime
9.     Nggak suka nasi. Entahlah sukanya makan apa, tapi suka minum susu. Pernah seharian habis susu U*ltra 3 packs tapi nggak makan apapun :))
10. HOT NEWS! Lagi suka sama seseorang tapi kita lagi sama-sama pengen fokus dulu lah sama kuliah ya soalnya bentar lagi sama-sama mau lulus jugaa (eh enggak ding dia duluan kali ya yang lulus), jadinya nggak terlalu mikir banget sama yang namanya pacaran, jadian, apalagi balikan *eaaak.  Maunya sih langsung dilamar aja ya ntar kalo dia udah "selesai" semuanya, lol. Meskipun pengen banget punya suami seorang dokter, aamiin ya rabb :))
11. Nggak pernah betah di Bogor. It's a fact.

   Sekarang waktunya jawab-jawab pertanyaan yaa. Pertama dari Santi dulu deh ya.

1. Dari sekian media sosial yg kamu punya yang paling penting yang mana dan kenapa?
    Path! Entahlah suka banget stalking orang di Path, apalagi Path sekarang nggak ada notifnya kalo pas kepoin orang *ketahuan deeh. Tapi dari sekian macam aplikasi di smartphone, yang paling penting itu Line. Segala info, apapun itu mau kelas, kerjaan, dan lain sebagainya pasti di share di Line. Gegara itu, grup kini mencapai 27 groups. Masih dikit lah, tapi ga kebayang kan kalo semua grup itu aktif semua? :V

2. Pernah paling nyesel melakukan hal apa sih?
    Beli sesuatu, terus nggak kepake. Nyesel banget!

3. People judgment yang pernah kamu denger tentang kamu yang nggak kamu banget apa?
    Manja! Cuman gegara orang itu baru tahu kalau aku anak tunggal dan langsung ngomong, "Manja ya." Padahal kenal aja kagaaak -___-

4. Dari karakter kartun spongebob kamu lebih mirip ke siapa?
    Mr. Crab. Suka duit .____.

5. Yang bikin kamu pengen banget hidup di luar negeri itu gara-gara Indonesia kenapa sih?
    Internetnya kelewat selow. Orang-orangnya susah diajak hidup bersih, padahal tempat sampah dimana-mana. Pernah diceritain temen, dia dimarahin pemilik sebuah kosan umum gitu gara-gara dia buang sampah kamarnya tong sampah depan kosan itu. Bilangnya sih gara-gara itu bukan pembuangan sampah umum. But, what's the different? Daripada kita harus buang di sungai, ya kan? Toh sampahnya juga dibuanginnya sama bapak-bapak yang bawa gerobak sampah nantinya. Bete banget denger jawabannya -___- Orangnya juga masih banyak yang ga disiplin. Okay, let me talk to my self, too :V

6. Buku yang sangat mempengaruhi hidup kamu selain kitab suci agama masing-masing tuh apa sih?
    5 cm. Inspiring banget guys :')

7. Gimana pendapat kamu tentang mereka yang memilih nggak kuliah dan langsung terjun ke dunia kerja?
    Nggak apa-apa sih. Itu kan pilihan,ada opprtunity cost-nya. Mungkin dengan langsung bekerja, dia memilih yang opportunity cost-nya yang lebih tinggi daripada kuliah yang opportunity cost-nya lebih rendah. Life is a choice, right? Kalo kata dosen, di luar negeri malah kuliah itu bener-bener options. Kalo yang bener-bener kuliah, berarti mereka emang niat buat nyari ilmu, bukan buat gengsi-gengsian gue sarjana, lu lulusan SMA/SMK gitu. Bagi yang nggak terlalu ngeh sama pendidikan sih biasanya langsung kerja. Katanya si begitcuu~

8. Your child thought when you turn 20 dulu apa sih?
    Nggak pernah kepikiran apa-apa. Palingan cuman curious, bakal pacaran sama siapa ya :V

9. Kamu tahu kamu suka sama lawan jenis itu biasanya gimana nyadarnya?
    Heart beats fast, colours and promises *langsung nyanyi a thousand years*. Biasanya juga sering kepikiran, terus sering curious, nyariin terus, dan begitu dia ngehubungin atau di sekitar langsung tenang dan bawaannya happy :))

10. Kalo dikasi kesempatan mengulang kehidupan lagi, kamu bakalan milih jadi diri kamu lagi/someone else?
      Diri aku sendiri

11. What do you think about my blog? :v
      Blognya Santi ituuu kereen! Dia sering cerita banyak hal, banyak point of view juga, terutama dari sisinya dia. Rajin banget lah di ngepos daripada aku yang kalo sibuk dikit udah nggak sempet buka blog, palingan cuman sekedar lihat viewpage aja and out! Lol. Udahlah, feasible to visit lah :v

   Now, pertanyaan dari Ines yaa:
1. arti nama kamu?
    Retno = emas/sesuatu yang berharga
    Puspita = Bunga
    Kadarman = nama kakek = dermawan kalo nggak salah sih
    Wicaksono = nama ayah tapi modified = bijaksana
    Kalo disambung sih, 'Anak yang berharga, cantik seperti bunga, dermawan dan bijaksana' Aamiin ya rabb :)

2. seberapa penting blog buat kamu?
    Penting banget! Tempat mencurahkan segalanya sih. Kalo lagi pengen banget sharing tulisan, ya ini satu-satunya tempat :)

3. TK, SD, SMP, SMA, kuliah, dan kerja -- kamu suka masa-masa yang mana? Kenapa?
    SMA! Bener-bener unforgetable. Rasanya 3 tahun di SMA itu beneran kurang. Soalnya kamu nggak bakal dapet temen buat gila-gilaan selain teman SMA :) SMP sama SD juga sih tapi lebih berkesan SMA, lol.

4. kalau sudah lulus kuliah harus kerja yang sama dengan bidang kuliah yang kita pelajari. Setuju atau nggak? Kenapa?
    Seharusnya sih iya. Kalo setuju atau nggak, aku lebih milih nggak. Sekarang gimana kalo seseorang terpaksa kuliah di suatu jurusan, padahal dia nggak terlalu ahli di sana atau ahli di bidang lain? Kerja itu bukan cuman tentang tanggung jawab nanti di kerjaan gimana, tapi juga harus ada passionnya. Kalo udah kerja kan kita bukan lagi dituntut bisa ini bisa itu, tapi juga kita harus menguasai di wilayah itu. Layaknya milih pasangan, kita pasti lebih milih pasangan yang nyaman, terutama di hati, meskipun di sekitar kita banyak cowok/cewek yang lebih pinter, lebih cantik/cakep, lebih multitalented, lebih mapan mungkin, rumah gedhe, mobil banyak. Kenapa kita tetep milih dia yang biasa aja? Saya rasa hati jauh lebih bisa menjawab daripada otak :) *duh analoginyaaaa~ *tapi pengen banget ngelempar jawaban ini ke seseorang!

5. suka makananan apa? Kenapa?
    Nasi goreng. Gatau kenapa suka aja sama makanan satu ini, hahaha

6. paling suka jalan-jalan ke mana? Gunung atau pantai atau mall atau...? Kenapa?
    Ke wisata alam seperti pantai, gunung, pokoknya yang banyak angin sepoi-sepoi. It's really calming down. Sama ke suatu tempat malam hari yang bisa kelihatan banyak bintangnya. Pasti langsung mood up!

7. tempat paling indah di Indonesia menurut kamu? Kenapa?
    NGGAK BISA MILIH! SEMUANYA INDAH! :))

8. suka nulis tentang apa?
    tentang apapun yang terbesit di pikiran, tentang rasa yang tiba-tiba muncul. Suka nulis catetan dari dosen juga :v kadang juga iseng nulis surat buat seseorang meski nggak pernah bisa dikirimin, lol.

9. masih ingat caranya nulis tegak bersambung? Hehe.
    Inget koook. Tapi jadinya lamaaaaaa~

10. kamu pengen banget pergi ke mana? Kenapa? (Indonesia boleh, luar negeri boleh)
     Mecca and Madinah, tahu banget lah yang muslim ya kenapa :) selalu nggak nahan kalo lihat foto Ka'bah. Pengen ke London, kelililing Eropa, tapi nanti yaa sama suami aja haha dia udah janji kok, kalo inget tapi ya :p sama ke Gunung Semeru, gunung apapun juga deh, pengen keliling Indonesia juga :)

11. arti orang tua buat kamu?
     Orang tua itu segalanya! Tempat curahan hati yang unspeakable, motivasi juga. Haduh, berharga deh pokoknya :') Bersyukurlah bagi kalian-kalian yang orang tuanya masih lengkap. Serius.

*deep breathe* Sekarang pertanyaan dari Onil ya:

1. Buku favorit kamu sepanjang masa apa? Selain kitab suci agamamu. And tell me why
    Semua yang aku punya sebenernya favorite .___. Tapi paling sukaaa banget sama segala bukunya Dee Lestari terutama yang serialnya Supernova, sama Biography Rasulullah :)

2. Inspiring people tapi harus yang udah kamu kenal, sebutkan alasannya
    Biasanya sih yang udah cantik/cakep, pinter, aktif organisasi, sering ikut lomba ini itu, humble, ramah. Kalo di jurusan aku sih ngefans sama Kak Putra soalnya dia sering ikut PKM ataupun lomba-lomba LKTI maupun paper gitu. Mapresnya AGB 48 lhoo. Orangnya juga ramah, kalo ngomong sopan juga, mukanya bikin senyumable lah :)) Trus Kak Okky AGB 48 juga. Pernah dulu satu kepanitiaan dan kakak itu jadi ketuplaknya. Tiap evaluasi selalu ngasih hal-hal positif, selalu ngasih semangat, jadi bawaannya positif mulu. Orangnya juga banyak cerita. Pas pernah satu mobil, Kak Okky ga pernah bisa diem. Ceritaaaa terus, tapi nyenengin orangnya. Trus pinter main basket, sering bikin three points! Inspiringnya sih lebih ke semangatnya dia yang bikin orang lain juga semakin positif sih. Eh, nggak nyangka juga dia anak Fast Track. Makin ngefans laah. Trus sama Kak Laras AGB 48 juga. Udah cantik, pinter, catetannya rapi, aktif himpro juga dulu (sekarang udah ga gabung). Orangnya juga supel banget. Trus ada juga Rizal eksyar 49, entah kenapa ngefans sama semangatnya dia, sejenis Kak Okky gitu. :))

    Satu lagi sih. Dia orangnya labil, satu hari dia mau ngelakuin ini, besoknya udah beda lagi. Tapi, dia orangnya loyal banget sama apa yang emang dia niat lakuin. Dia yang semakin menginspirasi aku untuk punya suami seorang dokter di masa depan. Trus dia itu seorang kakak yang sayaaaaang banget sama adiknya, sampe-sampe aku sempet envy lhoo. Envy soalnya pengen banget punya kakak kayak dia .___.

3. Ceritakan titik balik kehidupanmu, whats make you change a lot
    Titik balik kehidupan aku diawali ketika aku pertama kali suka sama David. Seriusan, lol. Dari orang yang nggak peduli solat udah penuh atau nggak dalam sehari sampai jadi orang yang mantep banget mutusin berjilbab meskipun belum penuh. Itu perubahan yang WOW banget menurut aku sih, meskipun dalam perjalanannya nggak cuman dia yang mempengaruhi, tapi juga orang-orang sekitar, terutama pas TPB atau pas jadi maba dulu. Juga dari orang yang nggak gampang nangis pas ESQ jadi bener-bener lebam banget pas ESQ terakhir. Dia pernah bilang, "Bukan masalah cengeng atau enggaknya. Itu artinya pintu hati kamu belum terbuka, padahal itu kan maunya ngebuat kita sadar apa yang sebenernya kita nggak sadar selama ini. Gitu kata guru agama SMP-ku." Entahlah, kata-katanya kadang udah jadi sihir -____- Dan banyak hal lainnya yang semenjak itu perspektifku terhadap sesuatu perlahan berubah.
   
    Trus juga semenjak jauh dari keluarga, jauh dari rumah dan notabene hidup sendirian di kota orang yang jauuuh, perspektif aku jadi semakin berubah. Mungkin dipengaruhi umur juga yang makin dewasa dan makin tahu ini itu. Yeah, this is me now!

4. 5 kemampuan mutlak yang harus dimiliki lawan jenis (yang cewek jawab kemampuan yang wajib dimiliki cowok, dan sebaliknya)
    buat cowok nih ya: mampu menaklukan hati lawan jenis, mampu nyetir terutama mobil, mampu memainkan alat musik *ini asli nggak penting sebenerya*, mampu ngelindungi ceweknya, mampu bersabar :v

5. Siapa tokoh politik favorit kamu di Indonesia, dan kenapa
    Pak Susilo Bambang Yudhoyono, Pak Dahlan Iskan, Pak Habibie. Udahlah kenapanya cuman karena aku ngefans banget sama mereka. Jaya terus ya bapak-bapak akuuuh! \(  )/

6. Kalau dikasih kemampuan, mau punya kemampuan super apa
    Karena aku orang yang selalu curious tapi males kepo kalo nggak terlalu penting, jadinya aku pengen bisa baca pikiran dan hati orang

7. 5 blog yang sering kamu kunjungi
    Sekarang-sekarang ini sih jarang buka blog sendiri, apalagi blog orang, lol. Tapi, sekalinya buka blog pasti deh ngepoin blognya OnilSanti, Kak AzharKak Camo, Kak Hafiz :v Kalo tumblr beda lagi yaa

8. Dalam 24 jam, waktu favorit kamu pas apa? dan kenapa (misal pas senja, atau subuh,dll)
    After 00.00 a.m. until subuh. Kalau belajar pas jam-jam itu rasanya semua bisa masuk ke otak. Seriusan, apalagi kalau sempetin salat Tahajjud dulu.

9. 1 lagu yang cocok buat dirimu. alasannya
    Nah! Kalau ini depend on mood banget. Tapi, akhir-akhir ini lagi suka banget sama "Lost Stars"-nya Adam Levine yang buat OST Begin Again. Entah kenapa rasanya masuk banget lagu itu, dapet feel-nya banget :v kalau belum dibuat OST mungkin udah aku booking duluan buat OST film aku nanti :v hahahaha

10.Tell me about your dream future
     Well, dari masa SMA sampai sekarang rasanya future dream nggak pernah berubah, selalu tiga ini: Gubernur Bank Indonesia, Astronom, dan Penulis. Satu lagi yang mungkin "agak" nggak pasti juga bisa diwujudin apa enggak: being Mrs. doctor, with small 'd', hahaha. Tapi, yang lagi diperjuangin banget sekarang-sekarang ini itu yang nomer satu sama nomer tiga. Kenapa harus banget jadi Gubernur Bank Indonesia, bukan Menteri Keuangan atau yang lain-lain? Satu, karena dulu mikirnya kalo jadi Gubernur BI itu nggak main di politik kayak Menkeu, ternyata salah. Kedua, daridulu pokoknya pengen masuk di BI lah. Kalau cita-cita cuman jadi karyawan doang rasanya cetek banget kan. Jadi manajer, bisa sih tapi mimpi nggak boleh lah ya cuman segitu-segitu doang, jadilah milih jadi Gubernur Bank Indonesia. Ketiga, greget banget sama segala berita tentang kurs IDR yang semakin melemah, inflasi yang meningkat tiap tahun terutama pada sektor pangan, paling greget sama budaya 'bunga bank' yang seharusnya pelan-pelan kita hapuskan dari bumi Indonesia ini. Menurutku sih rate atau bunga yang berlaku sekarang-sekarang ini itu yang bikin perekonomian kita semakin lemah, tentu saja selain banyaknya jumlah impor yang dilakukan pemerintah terutama di sektor pertanian yang notabene seharusnya kita bisa mandiri. Yah, begitulah, aseli greget sama yang begituan :v *ciyeee melek ekonomi*. Doakan saja nanti kalau beneran jadi Gubernur BI, kurs IDR terhadap USD jadi tinggal 1000, kalau bisa IDR lah yang berkuasa, aamiin ya rabb!

       Kalau yang penulis, well, I really love writing since I was kid. Di laptop masih ada banyak file-file lama jaman SD-SMP yang isinya cerpen, curhatan. Kalau pas baca ulang semuanya, pengen ketawa juga. Lucu, aseli, hahaha. Kalau yang astronom, itu semua impian terpendam yang belum direstui, hahaha. Nah, kalau yang terakhir banget itu.... masih nunggu proposal di acc dulu sama Allah :v kenapanya, banyak alasan dan sudah berulang kali dijelaskan hehe.

11. Judge me. Onil itu orangnya gimana sih?
    Kalau Onil itu artis terkenal semacam Raisa, aku pasti jadi salah satu fans dia banget! Seriusan nil. Sayangnya dia nge-DJ di radio yang sinyalnya nggak pernah nyampe ke Bogor, jadinya nggak pernah dengerin haha. Selalu suka banget sama kata-katanya Onil, inspiring. Pasti deh kalau dia lagi bijak dan ngeluarin kata-kata "super" ala Mario Teguh, aku pasti ngangguk-ngangguk sendiri. Onil itu orangnya asik, apalagi kalau diajak diskusi. Selebtweet, dan sekarang merambah ke dunia ask.fm juga. Pokoknya kocak kalo udah kolaborasi sama Santi, hahaha. Keep up ya nil. Siapa tahu terkenal beneran trus jadi artis kan lumayan :))


    Okee, sekarang pertanyaan aku yang harus kalian jawab:
  1. Tell me your first experience when suddenly you realize you love what you love to do now. Misal, tiba-tiba suka baca buku, atau suka nge-blog, atau pas pertama kali suka fotografi, dll.
  2. Mention ALL your best friend in your life and tell me your unforgettable moment with them!
  3. Tell me your very first book you love and why do you love it?
  4. Orang yang menginspirasi hidupmu? Kenapa?
  5. Bentar lagi kan 2015, means AEC moment is almost in front of our eyes. Menurut kamu, sudah siapkah Indonesia menghadapi AEC 2015? Kenapa?
  6. Oke, pertanyaan yang sedikit berat nih. Menurut kamu, apa yang salah dari perekonomian Indonesia sampai-sampai nilai IDR kita semakin hari semakin jatuh dan inflasi semakin lama semakin naik?
  7. Apa harapan kamu buat pemerintah Pak Jokowi-JK yang bakal resmi jadi pemimpin negara dekat-dekat ini?
  8. Apa sih alasan kamu suka sama orang yang kamu suka sekarang? :)
  9. Rekomendasi film apa aja yang menurut kamu MUST-WATCH?
  10. Menurut kamu, kenapa Film Annabelle tiba-tiba jadi booming?
  11. Kalau kamu dapet dua free-ticket pergi kemanapun kamu suka, mau pilih pergi kemana dan sama siapa?

    Engingeeeng.... SELAMAT untuk blog-blog ini yang haru menjawab pertanyaan-pertanyaan di atas:

    Kak Camo, Kak Hafiz, Dianita, Russy, Ratri, Chaca, (trus ketiga ini jawab pertanyaanku aja ya haha, maapkeun *efek lack of blog I know) Onil, Santi, Ines, dan semua visitors yang berminat mau jawab juga hayuuk sok di publish aja di blog-nya ya :)) *Sorry liebster awardnya jadi kacau .___.

   Well, I tell you a story behind this post. Sebenernya post ini udah ngendep di draft sebulan lebih! Gara-gara emang kurangnya waktu dalam sehari dan tugas yang memanggil-manggil minta didahulukan, jadinya yaa... post ini jadi terlantar begitu saja. Tapi, suka banget bisa jawab pertanyaan dari Onil, Santi, maupun Ines. Mungkin gegara biasa ditanyain macem-macem juga di ask.fm ya, hehe.

   Selamat menjawab pertanyaan, selamat UTS, selamat berbahagia!



1 comment:

Dianita Susilo Saputri said...

mba retnooo! baru baca banget, baru tau kena tag..
2015 nita jarang buka blog.. T.T
kayanya mba retno juga baru posting sekali...
tunggu ya jawabnya haha
makasi lo udah di tag